top of page
  • Writer's pictureLaporanpraktikum.id

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar



Makalah, tentu kamu sudah tidak asing dengan yang namanya makalah. Terlebih jika kamu adalah seorang mahasiswa aktif, sudah dapat dipastikan makalah menjadi makanan harian kamu. Jangankan mahasiswa, pelajar sekolah menengah pun sudah lumayan sering juga diberi tugas untuk membuat makalah. Materi lain mengenai karya ilmiah yang berkaitan dengan karya tulis ilmiah dapat kalian pelajari di laporanpraktikum.id


Bagi kamu yang sudah terbiasa membuat makalah, mungkin sudah paham apa yang seharusnya ada dan tidak ada di dalam makalah. Nah, lalu bagaimana untuk kamu pemula? Tentu saja kamu akan sedikit mengalami kesulitan, bukan? Tapi tenang, di tulisan kali ini akan dibahas mengenai cara membuat makalah yang baik dan benar. Buat kamu yang pemula, simak baik-baik ya!


Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Sebelum membuat makalah, kamu harus menentukan topik atau tema apa yang ingin kamu ambil. Setelah itu, kamu harus menentukan judul makalah yang ingin kamu buat. Setelah itu kamu perlu mengumpulkan referensi, data, bahkan dokumentasi untuk penunjang isi makalah kamu. Tulis makalah kamu secara secara sistematis, rasional, dan objektif.


Maka dari itu, sebuah makalah harus dibuat dengan rapi dan tersusun dengan baik. Hal paling penting yang harus kamu perhatikan adalah struktur pembentuk makalah itu sendiri. Dari struktur inilah, makalah kamu dapat tersusun dengan baik dan benar. Lalu apa saja strukturnya?


1. Cover

Cover biasanya berisi judul, logo organisasi/sekolah/universitas, identitas penulis, juga tempat dan tahun makalah yang kamu buat.

Semua informasi tersebut biasanya ditulis mengguynakan aturan rata tengah agar terlihat lebih rapi. Download contoh cover laporan praktikum di laporanpraktikum.id


2. Kata Pengantar/Prakata

Banyak orang yang masih sering salah kaprah dengan kata pengantar. Kata pengantar itu merupakan pengantar dari orang lain yang membeberkan sedikit tentang makalah yang kamu buat. Sedangkan prakata adalah pengantar yang kamu buat sendiri untuk memberikan gambaran isi makalah kamu untuk pembaca.


3. Daftar Isi

Merupakan halaman yang memuat informasi halaman dari sebuah makalah. Daftar isi ini bisa memudahkan pembaca untuk mencari informasi yang dibutuhkan.


4. Pendahuluan

Pendahuluan ini terdiri dari 3 sub bab, yakni latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan.


5. Pembahasan Isi

Isi merupakan bagian terpenting dari makalah, karena pada bagian ini kamu harus menguraikan pokok isi dari permasalahan yang kamu ambil.


6. Penutup

Di penutup ini berisi sub bab kesimpulan dari keseluruhan pembahasan makalah yang kamu buat dan bub bab saran untuk pembaca.


7. Daftar Pustaka

Berisi daftar referensi yang kamu gunakan selama kamu menyusun makalah.


8. Lampiran

Biasanya dalam membuat makalah, ada beberapa yang memiliki lampiran seperti dokumentasi berupa foto, kuisioner, sinopsis, dan lain-lain.

Itulah, cara membuat makalah yang baik dan benar yang bisa jadi pencerahan buat kamu. Ingat, dalam membuat makalah, gunakan numbering formal serperti angka dan huruf, jangan gunakan simbol untuk numbering.

3 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page