top of page
  • Writer's pictureLaporanpraktikum.id

Cara Membersihkan Peralatan Berbahan Besi



Air merupakan salah satu musuh utama dari peralatan yang terbuat dari besi. Banyak peralatan dari besi misalnya saja rak tabung reaksi yang terbuat dari besi. Jika peralatan besi sering terkena air, sudah dapat dipastikan bahwa peralatan tersebut akan cepat berkarat. Jika sudah berkarat, tentunya perlataan besi tersebut tidak bisa digunakan kembali. Permasalah karat pada besi memang menjadi persoalan yang sering dialami oleh siapa saja.


tapi kini Tak usah khawatir lagi akan karat yang menempel pada peralatan besi, sebab pada tulisan berikut ini, akan membahas cara membersihkan peralatan berbahan besi. Dijamin cara ini akan sangat berguna bagi kamu yang akan membersihkan peralatan berbahan besi.


Cara Membersihkan Peralatan Bebahan Besi

Jika peralatan besimu sudah berkarat, tentunya kamu akan enggan lagi memakai peralatan besi tersebut. untuk itu simak tulisan berikut ini mengenai cara membersihkan peralatan berbahan besi, dijamin peralatan besimu akan bebas karat.


1. Menggunakan Garam, Bubuk Soda Kue atau Air Jeruk

Cara pertama agar peralatan besimu bebas karat, kamu hanya perlu membersihkanya menggunakan dengan campuran garam, bubuk soda kue, dan air jeruk. Caranya mudah sekali, kamu cukup mencampurkan setengah sendok garam, dan bubuk soda kue, kemudia dicampur dengan sediki air perasan jeruk. Setelahnya, kamu balurkan bahan yang sudah tercampur tersebut pada besi, dan diamkan beberapa menit. Setelah didiamkan, kamu perlu mengalapnya dengan kain yang kering.


2. Menggunakan Cuka

Cara berikutnya, kamu bisa menggunakan air cuka biasa. Nah, kamu perlu merendam peralatan besimu dengan cuka selama 24 jam alias seharian penuh. Setelah direndam gosoklah dengan sponge secara merata dan berulang-ulang, agar hasilnya maksimal. Hal ini juga sesuai beberapa contoh laporan praktikum mengenai manfaat cuka yang dapat membersihkan karat.


3. Kentang dan Sabun Cuci Piring

Untuk membersihkan besi yang sudah berkarat, kamu bisa menggunakan kentang dan sabun cuci piring. Caranya, pertama kamu perlu menghaluskan kentang mentah (bisa menggunakan blender), kemudain campurlah kentang yang sudah dihancurkan dengan sabun cuci piring. Balurkan campuran bahan tersebut pada besi yang berkarat, diamkan selama beberapa jam. Terkahir gosoklah besi tersebut dengan aluminium foil.


4. Minuman Bersoda

Minuman bersoda menjadi bahan selanjutnya untuk memebersihkan peralatan besi dari karat. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu merendam peralatan besi dengan minuman bersoda. Rendamlah selama 30 sampai 1 jam. Kemudian gosoklah peralatan besi tersebut, dan setelah selesai menggosok, bilaslah peralatan besi tersebut dengan air.


Keempat cara tersebut bisa kamu lakukan unutk membersihkan peralatan besi dari karat. Jika karat sudah hilang tentunya kamu bisa menggunakan kembali perlatan besimu dengan nyaman.

1 view0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page