top of page
  • Writer's pictureLaporanpraktikum.id

Contoh Alat Musik Ritmis



Apa itu alat music ritmis? Bagi kamu yang tidak berkecimpung dalam dunia music, pasti jenis alat music menjadi hal yang asing untuk dibahas. Pada saat ini banyak terjadinya perbedaan persepsi mengenai apa yang dimaksud dengan alat music ritmis. Namun dari semua perdebatan, didapatkan satu kesepakatan bahwa music ritmis adalah alat music pengiring dari sebuah lagu.


Contoh Alat Musik Ritmis

Lalu apa saja alat music ritmis? Alat music pengatur tempo ini biasanya banyak digunakan dengan cara dipukul baik dengan alat atau tangan, digesek, bahkan dikocok. Penasaran apa saja contohnya? Nah, simak ulasan berikut ini mengenai beberapa contoh alat music ritmis. Mari baca hal terkait dengan suara dan bunyi di internet dengan pencarian laporan praktikum sound level meter coba kalian pelajari dan terapkan dalam music ritmis.


Drum

Siapa yang tidak tahu dengan drum? Bagi kamu yang tidak berkecimpung di dunia music pun pasti pernah melihat dan mengetahui alat music yang satu ini. cara memainkan alat music drum adalah dengan cara dipukul dengan stick drum. Dalam konsep tradisional, sebenarnya fungsi dari drum itu sendiri menyerupai dengan kendang atau timpani. Hanya saja pecinta music modern memodifikasinya menjadi lebih elegan dan modern.


Kendang

Setelah membahas mengenai drum, tak lengkap apabila melewatkan tentang kendan. Sama-sama termasuk ke dalam jenis alat music ritmis, kendang merupakan versi tradisional dari drum. Kendang terbuat dari kulit binatang yang diproses sedemikian rupa sehingga menghasilkan bunyi khas.


Untuk memainkan alat music yang satu ini, kamu harus memukulnya dengan tangan. Berbeda wilayah maka akan berbeda pula jenis kendang yang dimiliki. Banyak sekali jenis dari kendang mulai dari ketipung, kendang kebar, kendang menengah, kendang gede, dan masih banyak lagi.


Tamborin

Contoh alat music ritmis yang selanjutnya adalah tamborin. Tamborin ini pasti sering kamu jumpai ketika digunakan oleh musisi jalanan untuk menghibur pengendara mobil di lampu merah atau di warteg. Alat music yang berasal dari logam ini biasanya digunakan untuk mengiringi sebuah lagu yang bernada riang. Tak hanya dri logam, tamborin ini juga dapat dibuat dari kulit binatang.


Demikian ulasan lengkap mengenai beberapa contoh alat music ritmis. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

4 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page