top of page
  • Writer's pictureLaporanpraktikum.id

Contoh dan Cara Membuat Surat Resmi



Pernah membuat surat resmi? Tentunya sudah. Kapan? Ingat ketika kamu melamar pekerjaan di perusahaan A, pastinya kamu membuat surat lamaran kerja yang lengkap dan dimasukan ke dalam amplop. Nah, surat lamaran kerja termasuk ke dalam contoh surat resmi.


Dapat dikatakan surat resmi apabila menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta memiliki struktur surat yang jelas. Biasanya surat resmi ini digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan suatu informasi dari satu pihak ke pihak lainnya. Fungsi dari surat resmi itu sendiri ada empat yaitu sebagai permintaan, pedoman atau SOP kerja, hasil pemikiran, dan wadah untuk menyampaikan informasi.

Contoh surat lain dalam Bahasa Indonesia tentu ada banyak, format penulisannya hamper sama seperti artikel yang membahasa mengenai cara membuat laporan praktikum yang kalian dapat cari di internet.


Cara Membuat Surat Resmi

Tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak ulasan berikut ini mengenai contoh dan cara membuat surat resmi.


Kop Surat

Belum dikatakan surat resmi apabila tidak dibubuhi dengan kop surat pada bagian atasnya. Kop surat memegang peranan penting dalam sebuah surat karena menggambarkan identitas dari pengirim surat tersebut.


Selain itu, di dalam kop surat tersebut harus terdiri dari lima unsure yaitu nama instansi pengirim, alamat lengkap yang masih aktif digunakan, contact person yang dapat dihubungi, kode pos, dan logo dari instansi tersebut. Meskipun demikian banyak perusahaan yang belum menerapkan kelima unsure kop surat tersebut, namun masih terbilang asli. Untuk menguji kevaliditasannya, kamu dapat menghubungi contac person yang tertera


Nomor Surat

Setelah kop surat, pada bagian bawahnya terdapat nomor surat dari instansi yang mengeluarkan surat tersebut. Meskipun terkesan sepele, tetapi setiap nomor dalam nomor surat memiliki arti yang menunjukan identitas surat

Pada bagian ini juga terdapat lampiran dan perihal yang menjelaskan mengenai sifat isi surat.


Cap atau Stempel

Selain menggunakan bahasa yang baik dan benar serta mudah dipahami oleh khalayak umum, belum dikatakan surat resmi apabila tidak dibubuhi dengan cap atau stempel. Stempel digunakan untuk membuktikan kevaliditasan surat terhadap instansi yang mengeluarkan.

Contoh Surat Resmi


Madura, 06 November 2015

Yth

HRD Bank Mandiri KC Madura

Jl. Arif Rahman Hakim

No. 9F Keniten Bangkalan, Madura

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan adanya info lowongan pekerjaan di Bank Bank Mandiri KC Madura yang saya dapatkan dari media sosial, maka melalui surat ini saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, untuk mengisi posisi Teller.


Mengenai data diri, dapat saya jelaskan secara singkat sebagai berikut:

Nama: Indri Anandia

Tempat, Tanggallahir: Surabaya, 29 April 1996

Status: Belum Menikah

PendidikanTerakhir: S1 Pemasaran

Alamat : Jl. Kemerdekaan No 78. Sumenep Madura

No. HP: 087280536767

Email : indri88@gmail.com


Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Curriculum Vitae (CV)

  2. Pas Foto Terbaru dan Full Body

  3. Scan Kartu Tanda Penduduk

  4. Scan Ijasah danTranskrip

  5. Scan Dokumen Pendukung Lainnya.

Saya berharap Bapak/Ibu berkenan untuk memberikan kesempatan interview, sehingga saya dapat menjelaskan potensi diri saya secara terperinci.


Demikian surat permohonan lamaran kerja ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.


Madura, 06 November 2015

Indri Anandia

6 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page